BANG - JAI

SUDAHKAH ANDA SHOLAT.......?

Sabtu, 16 Juli 2011

BILIARY SYSTEM

Sistem  biliari  atau  ekskretori dari hati adalah bagian dari sistem   hepar   yang   terdiri   dari   pembuluh-pembuluh empedu ( bile ducts ) dan kandung empedu. Berawal dari lobulus didalam hati/hepar atau liver sebagai pembuluh-pembuluh kapiler, menyatu dan menyatu membentuk pembuluh yang lebih besar dan akhirnya menjadi duktus hepatikus kanan dan kiri.


Kedua pembuluh ini keluar dari hati pada daerah porta  hepatis dan bergabung membentuk duktus hepatikus komunis yang selanjutnya bergabung dengan duktus sistikus membentuk duktus kholedukhus ( common bile duct )



Duktus hepatikus dan duktus sistikus mempunyai panjang kira-kira 1.5 inci sedangkan duktus khole
dukhus lebih-kurang 3 inci yang selanjutnya ber- gabung dengan duktus pankreatikus dan masuk kedalam bagian kedua dari usus dubelas jari pada
ampulla Vater.


Ujung duktus kholedukhus pada dinding duo denum dikontrol oleh sebuah otot lingkar yang di sebut sphincter of Oddi.

Selama periode inter digestif sphincter ber kontraksi sehingga cairan empedu yang dipro duksi oleh sel-sel hepar dikonsentrasikan didalam kandung empedu ( gall bladder ) dan disimpan untuk sementara sampai  proses pencernaan didalam usus duabelas jari berlangsung sehingga sphincter berrelaksasi dan cairan empedu turun dari hepar dan kandung empedu.

Kandung empedu mempunyai dinding yang tipis dan berbentuk menyerupai buah pear adalah seuah kantong  musculomembranous dengan kapa sitas lebih-kurang 2 ons.

Kandung empedu berfungsi untuk :
1.    Mengkonsentrasikan cairan empedu  dengan 
    menyerap kandungan airnya.
2.    Nenyimpan cairan empedu selama periode
interdsigestif.
3.    Mengevakuasi cairan empedu selama proses
     pencernaan didalam usushalus berlangsung.



Kontraksi otot-otot kandung empedu diaktifkan oleh hormon cholecystokinin yang merupakan hasil sekresi mukosa duodenum yang dilepas kan kedalam darah apabila ada zat lemak yang memasuki usus halus.


Kandung empedu terdiri dari leher ( neck ) yang kecil dan bersambung dengan duktus sistikus, bagian utama ditengah disebut body dan terakhir bagian yang paling lebar disebut fundus.


Ukuran kandung empedu lebih kurang panjang 3 –4 inci dan lebarnya 1 inci pada bagian yang terlebar. Namun ada yang menyatakan bahwa panjangnya 7-10 cm, lebarnya 3 cm pd fundus dengan kapasitas 30- 50 ml.


Kandung empedu kadang-kadang tertanam pada lobus kanan hepar atau tampak menggan tung pada permukaan bawah lobus kanan hepar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar