BANG - JAI

SUDAHKAH ANDA SHOLAT.......?

Sabtu, 16 Juli 2011

PROSEDUR DRAINASE BILIARY DAN DAN PENGAMBILAN BATU.

Jika pada PTC atau USG ditemukan pelebaran pembuluh-pembuluh empedu maka radiogist dapat berkonsultasi dengan dokter pengirim tentang tindakan pemasangan kateter drainase atau kateter basket yang dapat digunakan untuk melakukan ekstraksi batu empedu.

Untuk pelaksanaan drainase diperlukan jarum yang lebih besar dari jarum chiba pada saat melakukan PTC sehingga kemudian dapat dimasukan baja penunutun, kateter untuk memasukan media kontras sehinga sumbatan yang terjadi dapat ditembus yang dapat ditandai dengan adanya media kontras yang memasuki duodenum.





Kalau sumbatan bukan disebabkan oleh adanya batu tetapi berupa penyempitan yang disebabkan karena striktur maka drainase dapat dipsang dalam waktu yang panjang sehingga suplai cairan empedu kedalam duodenum tidak terhambat. Dengan demikian pelebaran dinding pembuluh-pembuluh empedu dapat diatasi




Jika sumbatan disebabkan karena adanya batu kecil maka kateter diganti dengan kateter basket atau kateter balon yang memungkinkan untuk melakukan ekstraksi batu dari system biliary. Biasanya ekstraksi batu empedu dilaksanakan setelah pemasangan kateter drainase berlangsung beberapa waktu dan pembuluh-pembuluh empedu sudah tidak terlalu penuh dengan cairan empedu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar